MENU

Meriahnya Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua Osis (PILKETOS) SMA Negeri 1 Blora, Your Vote Your Choice

Meriahnya Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua Osis (PILKETOS) SMA Negeri 1 Blora, Your Vote Your Choice

SMA Negeri 1 Blora Kembali melaksanakan pesta demokrasi  Pilketos (Pemilihan Ketua OSIS) masa bakti 2019/2020 di Indoor SMA Negeri 1 Blora pada Kamis, 29 Agustus 2019. Untuk menjadi Calon Ketua OSIS harus melalui beberapa tahap yang cukup berat dan selektif sehingga Calon Ketua OSIS mempunyai kriteria lebih unggul dari pada siswa – siswi yang lain. Dari beberapa siswa kelas X dan kelas Xl hanya 6 orang yang terpilih menjadi kandidat Calon Ketua OSIS SMA Negeri 1 Blora masa bakti 2019/2020. Nama Calon Ketua OSIS SMA Negeri 1 Blora antara lain Isma Fathur Aini (XI MIPA 2), Pinna Afanda Setya Putri (X MIPA 7), Alifea Ayu Ardani (XI MIPA 6), Alifia Zahra Malika Hasan (XI MIPA 3), Malis Furaida (X MIPA 6), dan Widyatama Dyah Ibnubartya (X MIPA 7).

Pilketos kali ini dilaksanakan dalam serangkaian acara, yaitu wawancara Bakal Calon oleh pembina, Orasi, Sosialisasi, dan Pencoblosan. Yang pertama dilakukan adalah Wawancara Bakal Calon oleh Pembina. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 12 bakal calon yang akan diwawancarai oleh pembina, dan dengan cara penyisihan dari hasil kaderisasi dan musyawarah oleh seluruh organisasi yang ada di SMA Negeri 1 Blora. Hal ini bertujuan untuk menyeleksi kembali calon ketua yang akan maju dalam Pilketos.

Selanjutnya Calon Ketua OSIS yang terpilih menuju Pilketos Calon berorasi di depan semua warga sekolah Pada Senin, 26 Agustus 2019 yang diawali dengan sambutan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Blora Bapak Drs. Slamet Joko Waluyo, M.Pd. Dengan menekankan bahwa Orasi Calon Ketua Osis merupakan salah satu kegiatan pengembangan keterampilan berdemokrasi dan kepemimpinan di SMA Negeri 1 Blora sehingga diharapkan semua warga sekolah memberikan partisipasi yang maksimal, termasuk kepada Bapak Ibu guru dan karyawan sekolah. Orasi dilakukan oleh para Kandidat Calon Ketua OSIS yang telah lolos dalam wawancara dengan pembina untuk menyampaikan visi dan misi apabila terpilih menjadi Ketua OSIS SMA Negeri 1 Blora. Tujuan dari orasi ini  untuk memantapkan pemilih dalam memilih ketua OSIS. Tidak hanya Orasi, ada pun tanya jawab yang dilakukan antara siswa – siswi SMA Negeri 1 Blora dengan Kandidat. Selanjutnya ialah Sosialisasi yang dilakukan dengan cara panitia Pilketos memberikan penjelasan kepada masing – masing kelas yang telah menjadi tanggung jawab panitia tersebut.

Selanjutnya saat yang ditunggu yaitu pesta demokrasi, tepat pada Kamis, 29 Agustus 2019 diadakan Pemilihan Ketua Osis dengan sistem pemilu. Pilketos ini berlangsung mulai pukul 07.30-15.00 WIB. Pesta demokrasi Pilketos Ini dilakukan dengan harapan dapat menerapkan sikap demokrasi dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan hak pilihnya serta mendapatkan pemimpin yang baik dan tepat untuk SMA Negeri 1 Blora. Dalam pelaksanaan pemilu sekolah menyiapkan bilik suara, paku sebagai alat pencoblos, dan surat suara. Pencoblosan  ini dilakukan oleh seluruh siswa dan Bapak/Ibu guru serta karyawan Tata Usaha SMA Negeri 1 Blora tak lupa panitia yang mencakup pengurus MPK, PMR, Pasprastu, dan Pramuka SMA Negeri 1 Blora , serta Calon Ketua Osis itu sendiri yang terdiri atas 6 orang kelas X dan XI. Mereka berhak menyalurkan haknya untuk memilih Ketua Osis SMA Negeri 1 Blora. Dalam pemilihan dilakukan dengan 6 asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil sehingga pelaksanaan berjalan tertib dan lancar. Ketua Osis dan Pengurus Osis yang terpilih selanjutnya akan dilantik. Dengan menjadi Ketua OSIS, mereka harus menjadi contoh keteladanan dan kebaikan bagi semua siswa- siswi SMA Negeri 1 Blora sehingga bisa menjadi inspirasi bagi anggotanya.

Tema yang diangkat pada Pilketos kali ini ialah “Your Vote Your Choice” yang berarti “suaramu pilihanmu”. Maksudnya, suara sangat menentukan pilihan untuk memajukan SMA Negeri 1 Blora. Jika ingin menggunakan hak pilih dengan baik, suarakan pilihan dengan memilih kandidat yang dipercaya dan jangan golput. Menyampaikan suara dalam PILKETOS sangat penting untuk menentukan pilihan yang berpengaruh terhadap tercapainya visi misi SMA Negeri 1 Blora.

KOMENTAR